Selasa, 05 Januari 2016

Kelebihan Motor Suzuki RGR 150

Suzuki RG150 & RGR150

Suzuki RG150 adalah sebuah motor sport yang diperkenalkan oleh Suzuki Indomobil Sales pada tahun 1989. Sejak pertama kali diperkenalkan, motor ini sudah mendapatkan  tempat dikalangan biker tanah air karena mesinnya yang cukup besar dikelasnya (150cc) melebihi kompetitornya (Yamaha RXZ) yang hanya 135cc. Dikombinasikan dengan bobot yang tidak sampai 100kg membuat sepeda motor ini sering menjuarai event Road Race di tanah air. Selain itu aplikasi monoshock dan half fairing yang membuatnya tampak lebih menyerupai sport bike murni. Bahkan saking terkenalnya, ada selentingan pada saat itu "kalau naik rgr cewek cewek pada nempel".

Suzuki RG150

Dibekali mesin 2 tak 147cc yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 26,5hp pada 9.500rpm dengan hanya mengandalkan pendinginan udara membuat motor ini mampu mencapai top speed sekitar 170kpj. Karena kapasitas mesinnya yang besar membuat motor ini langganan juara event Road Race saat itu. Pasaran motor ini semakin ramai setelah Kevin Schwantz menjuarai Moto GP tahun 1993 bersama tim Lucky Strike Suzuki menggunakan motor Suzuk RGV500.

Dalam perkembangannya, motor yang dijual hingga 1997 ini mengalami perubahan desain bodi (facelift) sebanyak 3 kali. Perubahan desain bodi tersebut antara lain:
  • 1989 - 1992 Pertama kali muncul dengan nama Suzuki RG150 Sprinter. Desain bodi masih menggunakan half fairing seperti kompetitor utamanya (Yamaha RXZ). Bentuk ekor menyerupai motor bebek Suzuki Sprinter. Masuk pertama kali secara CBU dari Thailand.
  • 1993 - 1995 Facelift pertama Suzuki RG150. Pada facelift ini Suzuki telah menggunakan fairing penuh seperti motor sports pada umumnya. Karena penggunaan full fairing ini, nama RG150 diganti menjadi Suzuki RGR150. Secara umum bentuk fairingnya masih sama dengan RG150 namun sudah memakai full fairing. Selain itu pada bagian belakang sudah menggunakan lampu yang mirip dengan Suzuki Crystal.
    Suzuki RGR150 1993
  • 1995 - 1997 Edisi terakhir Suzuki RGR. Pada facelift ini bentuk fairing sedikit berubah dan bagian belakang menjadi mirip dengan Suzuki Tornado / Shogun. Selain perubahan body, pada facelift ini sudah mengalami perbaikan pada sistem pelumasan dan kelistrikan dengan teknologi SSS atau Suzuki Scavenging System dan SIPC atau Suzuki Intake Pulse Control.
    Suzuki RGR150
Kelemahan dari Suzuki RGR ini adalah bahan bakarnya yang tergolong sangat boros. 1 liter bensin untuk 25km adalah hal yang wajar untuk motor ini. Hal ini wajar karena untuk menghasilkan tenaga yang besar membutuhkan bahan bakar yang banyak karena teknologi saat itu belum secanggih sekarang. Selain itu langkanya sparepart juga menjadi kelemahan motor ini saat ini. Karena kelangkaan sparepart inilah banyak Suzuki RGR yang dijual murah mulai dari 4 juta rupiah tergantung kondisi. Untungnya masih banyak pengguna RGR yang melakukan riset untuk mencari spare part RGR dari motor lain (subtitusi). Beberapa part subtitusi RGR antara lain:

  • Karburator : aslinya Mikuni VM26SS. Bisa diganti milik RXZ.
  • Kampas Kopling : Suzuki Satria F / Suzuki Thunder. Butuh 6 lembar karena RGR 6 speed.
  • Velg : Suzuki Thunder 125.
  • Shock depan : Suzuki Thunder 125
  • Shock belakang : Yamaha V-ixion
  • Seal shock depan : Thunder 125, RX king ukuran 30 40,5 10,5
  •  Stang Jepit : variasi untuk RX-King dan RXZ
sumber :http://www.mobilmotorlama.com/2015/07/suzuki-rg150-rgr150.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar